Klaim Raih 133 Kursi, Hasto Kristiyanto : Posisi Ketua DPR Milik PDIP

oleh

Uri.co.id – Sekertaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto mengatakan, berdasarkan data yang dihimpun PDIP dari hasil quick count atau hitung cepat dan hitung resmi KPU sementara, pihaknya mendapat 133 kursi di DPR RI.

Atas dasar tersebut, Hasto Kristiyanto menyebut PDIP akan mendapatkan jatah posisi ketua DPR RI.

“Ya dari 5 pimpinan dewan, satu ketua itu kami. Kami mengucapkan terima kasih bahwa rakyat memberikan kepercayaan kepada PDIP dan 4 lainnya itu satunya berasal dari partai pendukung Prabowo-Sandiaga,” ucap Hasto Kristiyanto di kantor DPP PDI Perjuangan, Jalan Pengeran Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (8/5/2019).

Sekertaris TKN Jokowi-Maruf ini pun mengatakan, berkaca pada hasil Pemilu 2014, dimana PDIP memperoleh suara terbanyak. 

Namun, posisi Ketua DPR RI justu dipegang Partai Golkar.

Hasto menjelaskan, untuk saat ini, Undang-Undang MD 3 telah mengatur bahwa partai politik pemenang dengan perolehan suara terbanyak akan mendapatkan posisi ketua DPR RI.

“Ya sudah selesai, karena UU MD3 sudah menyatakan suara rakyat dan apa yg akan terjadi di parlemen DPR RI. Maka UU MD3 itu memiliki kekuatan hukum yang menjadi landasan politik kita bersama,” jelas Hasto.

Klaim raih kursi terbanyak

PDI Perjuangan mengklaim behasil memperoleh kursi terbanyak untuk DPR RI periode 2019-2024.

Sekertaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto mengatakan, berdasarkan datang yang dihimpun PDIP dari hasil quick count atau hitung cepat dan hitung resmi KPU sementara, pihaknya mendapat 133 kursi di DPR RI.

Hasto pun merinci perolehan suara terbanyak dan mendapatkan kursi ialah PDIP 133 kursi, Partai Golkar dengan 82 kursi, Gerindra 80 kursi, PKB dengan 59 kursi, dan Nasdem dengan 56 kursi.

Dalam hitungan PDIP, lima partai dengan suara terbanyak lainnya ialah Partai Golkar dengan 83 kursi, Gerindra 79 kursi, PKB dengan 55 kursi, NasDem 53 kursi, Demokrat dengan 57 kursi, PKS 52 kursi, PAN 40 kursi dan PPP 23 kursi.

“Lima pimpinan Dewan, dari ketua, kami terima kasih kepada rakyat yang memberi kepercayaan kepada PDI Perjuangan. Empat lainnya, satu dari partai politik pendukung dari Prabowo-Sandi. Dengan demikian, jauh lebih efektif pemerintahan Pak Jokowi-Amin,” ucap Hasto Kristiyanto di kantor DPP PDI Perjuangan, Jalan Pengeran Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (8/5/2019).

Selain itu, Hasto menyebut, PDI Perjuangan optimistis seorang anggota Dewan mereka akan menjabat Ketua DPR RI periode 2019-2024.

Hal itu akan merujuk hasil resmi KPU yang memenangkan PDI Perjuangan.

Lebih lanjut, Hasto menyebut sesuai dengan UU MD3, Ketua DPR RI berasal dari partai dengan perolehan suara terbanyak.

“Sekarang sudah selesai UU MD3 satukan suara rakyat dengan apa yang terjadi di parlemen, di DPR RI. UU MD3 punya kekuatan hukum jadi landasan kita bersama,” kata Hasto.

Sementara, PDI Perjuangan mengklaim kemenangan di 15 provinsi.

Hasto bahkan menyebut, untuk pertama kali juga partai berlambang banteng moncong putih bisa menang di Jawa Timur.

“PDIP perjuangan membuat sejarah pertama kali menang di Jawa Timur tapi itu tidak mengurangi upaya DPP secepatnya lakukan evaluasi,” jelas Hasto. 

Singgung pertandingan Liverpool vs Barcelona

Sekertaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyindir pihak-pihak yang selama ini menuduh adanya kecurangan dalam Pemilu 2019.

Hasto Kristiyanto mengatakan pihak yang selalu menuding ada kecurangan dalam Pemilu 2019 sebaiknya belajar nilai-nilai sportifitas dalam pertandingan olahraga.

“Marilah kita belajar dari dunia olahraga yang sangat dikenal sangat sportifitas,” kata Hasto Kristiyanto di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jalan Pangeran Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (8/5/2019).

Hasto Kristiyanto lantas menceritakan pertandingan sepak bola dalam Liga Champions Eropa antara tim Liverpool vs Barcelona, Rabu (8/5/2019) dini hari.

Ia menyebut, kemenangan telak Liverpool 4 gol ke gawang Barcelona merupakan wujud sebuah kerja sama tim yang solid sehingga bisa memetik kemenangan dengan baik.

“Semangat juang yang luar biasa, sportifitas yang luar biasa sehingga tadi malam bisa menghasilkan skor 4-0 meskipun M Salah tidak disitu, tetapi kekuatan satu tim sepak bola semangat yang militansi, menjaga dengan cara-cara yang sportif memangnya bisa ditunjukan dengan baik,” ungkap Hasto.

Sekertaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Maruf ini pun mengapresiasi sikap tim sepak bola Barcelona yang tak menyalahkam wasit dan panitia dalam pertandingan tersebut.

Barcelona, kata Hasto Kristiyanto, tak menghasut pendukungnya untuk menggerakan penonton untuk melakukan perlawan terhadap wasit dan menyatakan diri sebagai tim yang kalah.

Hasto pun tak menyebut pihak mana yang dimaksud menggerakan massa saat merasa kalah dalam berkontestasi.

Namun, ia memastikan rakyat sangat menghormati proses Pemilu yang dijalankan oleh KPU.

“Kami mengajak semua pihak untuk bersama sama mengedepankan asa praduga tak bersalah dan kemudian menghormati proses demokrasi dimana rakyat menunjukan antusiasme yang biasa dan partisipasi pemilu yang besar,” papar Hasto.

“Survei-survei yang dilakukan lembaga kredible menunjukan rakyat mengakui proses pemilu yang demokratis memenerima apapun hasilnya,” jelasnya.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia  

( Uri.co.id  Hasto Kristiyanto: Posisi Ketua DPR RI Milik PDIP) ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!